tag:

03 May 2010

HOT TUB TIME MACHINE: 80s Rocks!



Title:
Hot Tub Time Machine

Director:
Steve Pink

Writers:
Josh Heald, Sean Anders, John Morris

Casts:
John Cusack, Clark Duke, Craig Robinson, Rob Corddry, Sebastian Stan, Lyndsy Fonseca, Crispin Glover, Chevy Chase, Charlie McDermott, Lizzy Caplan, Collette Wolfe

Plot:
Disappointed at the way their lives have turned out, four longtime friends reunite at the ski resort where they used to party and find themselves transported back to the year 1986 by a magical jacuzzi. Adam (John Cusack), Lou (Rob Corddry), Nick (Craig Robinson), and Jacob (Clark Duke) have all seen better days; Adam's and Nick's love lives are in the dumps, Lou is clinging to his hard-partying past, and video-game addict Jacob can't even muster the courage to walk outside. A fun stay at the ski resort where the gang made some of their best memories seems like just the thing to cheer everyone up, but after a night of heavy drinking in the hot tub, the four friends wake up to find they're about to live through the '80s a second time. Determined not to make the same mistakes twice, Adam, Lou, Nick, and Jacob decide to take full advantage of the unique opportunity presented to them, and create the lives they've always wanted.

Note:
Ide cerita sih ngga wajib untuk selalu orisinil dan gimmick juga hampir ngga ada yang orisinil. Nah ide cerita time travel dan gimmick 80s juga udah pernah ada yang pakai sebelumnya. Tapi kali ini keduanya digabung untuk memberi kesegaran tersendiri.

Bisa jadi penulisnya ngga cuma kepingin bikin cerita yang mengolok-olok kondisi warna warni tahun 80-an, tapi juga karena ada rasa rindu dengan era itu di mana semuanya masih lugu dan seru. Era 80-an tergolong era transisi identitas dari masa 70-an, yang ‘memapankan’ identitas generasi 60-an, menuju masa depan yang masih belum terjamah akal. Jadinya warna warni sekali dan ‘memaksa’ semuanya terlihat seolah sudah tiba di masa depan. Bagi yang pernah melaluinya pasti akan senyum-senyum geli mengingatnya.

Dengan ‘cerdas’ penulis menempatkan cerita di area rekreasi ski yang cukup terpencil hingga memudahkan membuat set waktu tahun 1986. Semua gimmick 80-an ditampilkan cukup frontal, dari kostum, musik dan ngga ketinggalan attitude. Banyak sekali gimmicks 80-an yang bikin ngakak.

Kelucuan film ini cukup berimbang antara gimmicks 80-an dengan kekonyolan semua karakter utamanya yang sebagian juga terkait dengan attitude pada masa itu. Cerita yang ngalir lancar-lancar aja ngga perlu bikin kening berkerut koq. ‘Bumbu-bumbu’nya udah cukup, ngga perlu dibikin ribet. Dan ngga lupa mereka juga memasang beberapa wajah yang cukup familiar, terutama bagi pecinta film-film drama komedi 80-an.

Sekalipun terasa lebih pas disaksikan oleh mereka yang pernah menikmati indahnya era 80-an, tapi daya hiburnya tetap maksimum.

2 comments:

Setyo Wibowo said...

Balik ke jamannya Marthy McFly dong ya? padahal McFly lagi seru-serunya ama si Doc, Back to the Future :D. Time machine emang selalu menarik, dan kalau dibuat film harus bisa buat topik yang greget baru and fresh, jadi inget Back to the Future Trilogy, greget banget dimasanya.

Charles Gozali said...

chaelin.gozaliJoke favorite gua saat mereka baru balik ke masa lalu dan masih berusaha meyakinkan diri dengan bertanya, "What color is Michael Jackson?!" :P

Kocak abiss sekaligus sangat smart! ^^