tag:

15 January 2009

3 DOA 3 CINTA: Kesederhanaan Do’a, Kesederhanaan Cinta, Kesederhanaan Hidup



Judul:
3 Doa 3 Cinta

Sutradara:
Nurman Hakim

Skenario:
Nurman Hakim

Para Pemeran:
Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Yoga Pratama, Butet Kertaradjasa




Catatan:
Dalam 3 bulan terakhir ini gue nonton film di bioskop, ini salah satu film yang gue tonton dengan enak sampai selesainya. Sama sekali ngga ada yang menggantung dan mengganggu. Dan ternyata ngga terganggu juga dengan mood jelek gue sebelom masuk bioskop. Begitu film mulai, gue pun mulai masuk ke dalam dunia yang digambarkan di layar.

Film yang mungkin sekali adalah semi-autobiografi dari sang sutradara disampaikan dengan sederhana dan mengalir tenang. Ibarat sungai, kita sedang memandangi aliran sungai yang sudah tidak dekat dengan air terjun namun masih jernih hingga dasarnya. Seperti juga 3 karakter santri yang dalam masa akhir pemondokannya di sebuah pesantren miskin di Bantul. Dalam dunia mereka yang terbatas (tanpa media massa dalam format apa pun) ‘cita-cita’ mereka pun sederhana.

Sepertinya film ini menyampaikan supaya dalam hidup kita tidak boleh neko-neko, tidak boleh ‘maju’. Namun dalam kesederhanaan pun tak lepas dari godaan dan ujian. Dalam ajaran mengenai kesederhanaan yang mungkin membosankan bisa saja membuat kita menengok ke arah yang ‘lain’ yang belum tentu baik bagi kita. Hal ini menjadi konflik yang disampaikan dalam film ini. Namun niatan hati yang luhur digambarkan dapat menyelamatkan manusia pada akhirnya.

Apa pun pilihan hidup kita, apa pun keinginan kita, semuanya pasti ada sesuatu yang harus diperjuangkan dan pada akhirnya harus kita pertanggung jawabkan. Sekalipun itu hanyalah sebuah kesederhanaan.

1 comment:

semuareview said...

sayangnya film ini munculnya sangat singkat di jaringan film bioskop kita. belum sempet nonton udah turun. terpaksa nanti tunggu vcd-nya deh. parah jaringan 21, isinya sampah semua. dari pocong, mayat, sampai kutang...