tag:

04 June 2009

Dari 300 Ribu jadi 3 Juta

Tenang, tenang, tenang. Ini bukan tentang iming-iming kenaikan pendapatan ato penghasilan sehari. Ini juga bukan tentang kenaikan perolehan suara salah satu parpol kontestan Pemilu kemarin. Sebenernya ini cuma sedikit cerita tentang keinginan. Keinginan memiliki ponsel baru untuk menggantikan ponsel lamanya.

Iya nih, saat maraknya kemunculan berbagai jenis ponsel baru, khususnya yg berkelas smart phone, sebenernya sih gue ngga tertarik amat untuk beli ponsel baru. Masih aja betah dengan ponsel musik gue sekalipun udah mulai masuk kategori ‘primitif’. Tapi 1 tahun terakhir ini, ponsel lama gue mulai sakit-sakitan. Iya bener loh, penyakit lamanya makin lama makin parah. Akhir sempet juga opname beberapa minggu. Gue sempet hopeless andai aja montirnya ngga bisa ngebenerin ponsel gue. Untungnya gue kenal tempat reparasi ponsel yang handal sekalipun ngga bisa diburu-buru.

Waktu ponsel diopname, gue udah ambil ancang-ancang nyisihin uang untuk beli ponsel baru. Asumsi gue, biasanya kalo ponsel udah direparasi selalu disarankan untuk dijual. Gue udah ancang-ancang beli ponsel baru yang murah dengan budget paling tinggi 1 juta perak. Ada lah pilihan yang lumayan untuk ponsel murah. Tapi ternyata setelah selesai opname, menurut montirnya sih pake aja dulu. Masih bagus koq. Dan gue cek ulang ternyata semua isinya masih komplit, termasuk game-nya!! Canggih juga nih montir!!

Lumayan juga deh sempet dipake lagi tuh ponsel. Namun di lubuk hati gue yang paling dalam, gue merasakan udah waktunya juga ganti ponsel baru. Teknologi di ponsel gue yang lama udah jauh ketinggalan. Dari sisi usia, ponsel lama gue itu udah lebih dari 5 tahun. Cuma gue masih banyak itung2 berapa budget yang musti gue siapin. Dan biasanya gue kalo beli sesuatu, sekalipun disesuaikan dengan budget, tetep ngga mau yang nanggung. Barangnya musti baru dengan spesifikasi tertentu, minimal untuk 5 tahun mendatang masih tetep up to date lah. Dan ternyata kalo emang mau yang seperti itu, budget-nya ngga bisa sedikit.

Hampir setiap 2 minggu sekali beli tabloid yang isinya info-info tentang ponsel. Trus gue juga punya kenalan toko ponsel yang punya instant messenger, jadi bisa sering-sering diajak chatting (akhirnya toko itu sih sebatas chatting aja, belinya di toko lain :D ).

Sambil hunting sana sini, termasuk di internet, makin lama harga second ponsel gue yang lama semakin turun. Dan sekaligus juga, ponsel-ponsel baru yang jadi target pelan-pelan menghilang, yang ada cuma second-nya aja. Dari sisi budget, makin lama makin meningkat, karena pertimbangan nanggung juga liat dari sisi kecanggihan yang diinginkan. Ngga membengkak jauh sih, cuma sampe hampir sejuta budget-nya harus ditambah.

Awalnya sih kepingin tukar tambah. Tapi karena kelamaan ditunda, sekalian nunggu spec ponsel yang lumayang canggih, akhirnya ponsel gue yang lama jadi ngga ada harganya di pasaran. Sulit untuk tukar tambah di toko. Paling kalo mau ya dijual ke pemakai, itu pun harganya di bawah 500 ribu.

Makin lama makin tambah banyak pertimbangan soal kebutuhan ganti ponsel baru. Ada kebutuhan yang lebih mendesak. Misalnya lantai kamar mandi belakang perlu diganti karena yang lama pada retak dan pecah-pecah. Belom lagi tempat jemuran yg ada di depan itu fibre glass pembatasnya udah pada ilang semua. Sempet juga kepikiran mau beli PC desktop baru untuk ‘peremajaan’ yang lama yang di rumah. Wuih!!!

Di antara itu juga gue ‘memunculkan’ kebutuhan untuk punya notebook. Menurut gue, notebook juga penting untuk jadi ‘modal’ penyaluran ketertarikan di bidang tulis menulis. Kayaknya supaya lebih ‘on’ ketimbang mencatat outline tulisan di buku kecil dulu. Gini-gini kan gue punya blog juga loh!

Mulai pusing kan bacanya??? He he he he yah kalo diceritain semua kebutuhan gue sih jadinya malah ngga seru. Yah emang seperti itu lah kondisi gue. Tapi keluarga gue lebih mendukung untuk cepet-cepet beli ponsel baru. Memang tinggal gue satu-satunya di rumah yang masih pake ponsel ketinggalan teknologi baru. Musti dipaksa kayaknya. Tapi musti nunggu uang nganggur mampir ke dompet gue nih.

Nunggu uang mampir ini yang lumayan lama dan menyebalkan, karena memang ngga punya tabungan sih. Untungnya punya temen di mana-mana. Jadinya salah satu kebutuhan bisa didapat dengan cara yang lebih sederhana dan lebih murah. Iya, PC desktop di rumah akhirnya cukup di-upgrade aja. Padahal spare part-nya udah lumayan jarang di pasaran. Gue bisa dapet dengan cara gerilya dan bayar belakangan!

Urusan upgrade PC desktop beres, jadinya bikin gue berani bikin target untuk segera beli ponsel baru dan sekaligus notebook. Nah untuk urusan pendanaan, sempet terpikir untuk pake kartu kredit adik gue yang credit limitnya bisa buat beli sepeda motor. Sempet gue kirimin dia spec notebook yang jadi target. Tapi koq tanggapan adik gue lama banget. Mungkin ada pertimbangan untuk budget belanja yang lain juga. Karena dia juga baru aja beli ponsel baru.

Akhirnya gue beraniin minjem uang ke koperasi kantor. Jumlahnya cukup deh untuk beli ponsel baru dengan teknologi lumayan dan notebook kelas menengah. Cicilannya juga ringan dan gue ambil cicilan untuk 1 tahun aja. Kalo notebook-nya bergaransi 1 tahun kan pas tuh. Amit-amit kalo notebook-nya keburu rusak tapi cicilannya belom lunas.

Paling pertama dibeli notebook duluan, karena deal-nya via telpon dan barangnya dikirim ke rumah. Hebatnya lagi bisa bayar cash di rumah!! Yah namanya orang dagang yaa

Dan akhirnya sampe juga ke toko ponsel punya temennya nyokap. Sebenernya sih bisa aja delivery ke rumah juga. Tapi kebeneran nyokap gue mo ganti keypad ponselnya. Ya udah deh, sampe sana sih udah ngga pake milih. Langsung nyebut seri ponsel target. Dan ngga pake nanggung, sekalian memory card-nya, Bluetooth handsfree-nya sampe dompetnya. Pokoknya lengkap kap kap kap!!

Mulai ketauan lucunya pas gue mo coba tu ponsel baru di toko situ, kan gue keluarin tu ponsel lama gue. Yang punya toko langsung aja bilang, “wah yang itu sih udah ngga ada harganya. Ngejualnya susah!” Gue langsung senyum-senyum. Yah emang nasib dah. Memang merek ponsel lama gue ini bukan yang laku di pasaran. Biasanya memang kalo punya yang model seperti ini, apalagi udah out of date, ya udah nyerah aja pake sampe rusak. Paling kalo ada yang mau pake, ya ‘diserahkan’ aja deh.

Akhirnya selesai juga tugas ponsel gue yang lama itu, sekarang udah pindah ke tangan temen gue. Gue rela koq, temen gue itu ahli ngoprek ponsel. Denger-denger sih udah cukup bermanfaat, MP3 player-nya udah nemenin dia di perjalanan.

Selamat jalan ponselku yang lama, jasamu tak kan terlupakan

No comments: