tag:

02 April 2008

Perdana di Blitz Megaplex Grand Indonesia

ditulis pada tanggal 2 Juni 2007


Perdana di Blitz Megaplex Grand Indonesia nonton Pirates of The Caribbean at The World’s End bareng istri.

Belom sampe ke lantai 8 udah ada ‘tantangan’ dari lift-nya. Gue ketinggalan melulu. Seolah-olah lift itu pas ngarah ke atas ngga mau brenti dan mbuka di ground floor tempat gue nunggu. Setelah beberapa kali ‘ketinggalan’ akhirnya begitu ada yang kebuka ngikut aja deh dgn asumsi ngga pa pa juga kalo musti ‘jalan2’ ke bawah dulu.

Akhirnya sampe juga di lantai 8 dan setelah melalui alley, ternyata sampe di pintu samping.

Situasi pas hari libur waisak di Blitz: rame banget bo’!

Oh ternyata section yang rame banget itu deket dengan pintu utamanya. Dan seperti yang udah gue duga, Blitz ini make 1 lantai penuh.

Yang rame itu section loket tiket dan section beli makanan yang saling berseberangan.

Gaya pesen tiketnya kayak antre di loket supermarket. Antre aja gitu. Nanti kalo kasirnya ‘capek’, petugasnya nge-cut antrean trus diarahkan ke kasir lainnya. Eh ada satu kasir cewek yang cantik. Istri gue setuju, meskipun model rambutnya ngga pas :D.

Pas di depan kasir, gue sempet keder (bahasa jadul alert!) karena row di 1 auditorium (di tempat lain namanya ‘studio’) sampe huruf P! Dan tiap row jumlah seat-nya sampe 30! Ngga salah kalo sebutannya ‘auditorium’. Tapi itu baru yang gue liat di layar monitor loket tiket. Gue pilih row J, row yang ngga mungkin gue pilih kalo nonton di tempat ‘reguler’.

Setelah beli tiket, gue dan istri kelaparan dan pingin makanan ‘normal’. Karena belom kenal Blitz, akhirnya kami mutusin makan di Plaza Indonesia.

Jam 16.30 masuklah ke auditorium 2 sesuai petunjuk di tiket. Semua petugas tiket, kasir dan makanan terkesan santai. Tapi hari itu keliatan cukup capek, mungkin karena padatnya pengunjung. Begitu masuk auditorium 2, emang iya deh pantas disebut sebagai auditorium; guede buanget! Seperti layaknya auditorium, di depan layarnya ada stage sepanjang layar. Kursinya kayak kursi simulator yg jelas ngga seempuk kursi di Cineplex. Tapi menurut gue kursinya cukup ergonomic. Buktinya gue sempet terkantuk-kantuk, karena memang sempet ngantuk (bukan karena filmnya yang bored).

Kalo dari sisi luasnya gue jadi terkenang bioskop jaman dulu di Jakarta. Yang gue inget mirip Djakarta Theater tapi minus balkon.

Kalo gue liat Blitz berusaha menghargai kembali film sebagaimana karya seni layaknya. 11 megaplex yang ada semuanya dengan ukuran yang sama dan fasilitas yang sama. Ngga ada auditorium utama dan bukan utama. Semuanya sama.

Dan dari cara penayangannya, gue jadi teringat pertunjukan teater. Di Blitz, jam yang tertera di tiket adalah jam masuk/buka auditorium, bukan jam mulai tayang film. Beberapa menih sejak jam masuk itu ditayangkan iklan2 dan juga trailer beberapa film sampai kurang lebih 20 menit. Baru setelah itu mulai filmnya. Hal ini mirp banget dengan pertunjukan teater yang pernah gue tonton. Sebelum pertunjukan ada prolog termasuk iklan, baik di brosur/leaflet maupun disampaikan oleh MC-nya.

Untuk snack-nya ngga banyak beda dengan di tempat ‘reguler’, untuk harga sih relatif ya. Tapi gue cukup puas dengan paket pop corn + soft drink 20 ribu perak aja. Soft drink-nya volume lebih tuh.

Sebenernya ada café juga yang udah disiapin dengan stage untuk live music. Cuma sepi banget di situ. Mungkin kurang promo aja. Gue malah ngebayangin bisa manggung di café situ. Buat premiere film cocok tuh sekalian promo soundtrack record-nya.

Kalo dari pengalaman kemaren sih kekurangannya pas ganti reel film. Sempet ngga fokus dan sempet mati sebentar. Mungkin perlu training lagi kali. Itu aja.

No comments: