tag:

05 September 2010

KICK-ASS: I AM Super-hero!

kick-ass_poster 01

Title:
Kick-Ass

Director:
Matthew Vaughn

Writers:
Jane Goldman, Matthew Vaughn

Casts:
Aaron Johnson, Lyndsy Fonseca, Christopher Mintz-Plasse, Mark Strong, Chloe Moretz, Nicolas Cage, Jason Flemyng, Yancy Butler

Plot:
Dave Lizewski is an unnoticed high school student and comic book fan with a few friends and who lives alone with his father. His life is not very difficult and his personal trials not that overwhelming. However, one day he makes the simple decision to become a super-hero even though he has no powers or training.



kick-ass_poster 04 horizon


Note:
Mungkin anak-anak usia di bawah 10 tahun masih ada yang kepingin jadi super hero. Tapi kayaknya sebagian besar anak-anak usia 10 tahun ke atas (bahkan orang-orang dewasa) udah ngga ada lagi yang kepingin jadi super hero (padahal usia 10 tahun ke atas malah makin banyak yang suka baca komik super hero). Kenapa ngga mau sih? Kan jadi super hero ngga selalu mesti punya kekuatan super, kekuatan di atas manusia normal. Batman itu contoh super hero yang ngga punya kekuatan super. Memang sih dia amat sangat kaya raya hingga mampu ngongkosin bikin segala macam gadget canggih, selain dia memang jago dalam banyak jenis ilmu bela diri.

Terinspirasi dari Batman itulah yang bikin Dave Lizewski terobsesi menjadi super hero. Tapi berbeda dengan Batman, anak cupu penggemar komik tapi suka mikir porno ini cuma bermodalkan kostum yang dibelinya di e-bay. ITU AJA!

Dari itu aja udah kebayang dong gimana ceritanya nanti. Modal kostum asal dan nantinya juga mendapat nama/julukan karena ‘kecelakaan’ alias kepepet, ngga bakalan deh di Dave Lizewski bisa sukses memberantas kejahatan. Adanya kejahatan yang demen bikin Kick-Ass jadi bulan-bulanan.

Tapi ramuan dan balutan cerita adaptasi dari komik karya Mark Millar, yang juga kreator Komik Wanted, mampu menyampaikan drama ‘super hero juga manusia’ tanpa harus segelap Watchmen. Idiom, gimmick dan musiknya yang kekinian juga bikin film ini sangat segar. Leluconnya pun ngga lepas dari acara TV yang sedang ‘In’. Dan pastinya sangat membumi bagi generasi Youtube dan MySpace. Siapa tahu film ini mampu menginspirasi generasi sekarang untuk jadi super hero!

Segala hal tentang super hero tidak lagi jadi konsumsi anak-anak udah lama menjadi paradigma komik super hero di pusatnya sana, di Amerika Serikat. Dan ngga sedikit komik super hero yang ratingnya ‘suggested for mature readers’. Begitu pula dengan film-film adaptasinya.

Kick-Ass ini memang bukan diperuntukkan bagi audience segala umur. Ngga cuma anak-anak, mungkin orang-orang dewasa yang kurang membuka wawasan bisa jadi misuh-misuh pas liat Hit Girl, yang usianya sekitar 10-11 tahunan, ngomong dalam bahasa yang amat sangat kasar tanpa tedeng aling-aling. Belom lagi banyak adegan berdarah-darah saat super hero di film ini beraksi dan ‘beraksi’.

Tapi menurut gue, omongan kasar dan adegan berdarah-darah bukanlah jualan utama film ini. Hal-hal tadi sebagai penunjang realita karakter yang ada dalam cerita ini. Buat gue, hal-hal tadi mungkin saja terjadi di dunia nyata kalo melihat latar belakang karakternya.

Nonton film ini sama aja gue lagi belajar tentang kesalahan. Minimal kalo nanti gue jadi super hero, gue bakal belajar banyak dari kesalahan yang dilakukan si Kick-Ass.


kick-ass_poster 03 horizon smaller

Tidak ada komentar: