tag:

02 April 2008

QUICKIE EXPRESS

ditulis pada tanggal 2 Desember 2007

Judul:
Quickie Express

Sutradara:
Dimas Djayadiningrat

Skenario:
Joko Anwar

Produser:
Nia Dinata (Kalyana Shira Films)

Cast: 
Tora Sudiro, Aming, Lukman Sardi, Tino Saroenggallo, Ira Maya Sopha, Rudy Wowor, Tio Pakusadewo, Sandra Dewi

Plot:
Jojo yang kerjanya sebagai tukang tambal ban terganteng di seluruh Indonesia terpikat ikut Om Mudakir untuk bekerja sebagai gigolo dengan samaran pengantar pizza. Dalam masa training Jojo berkenalan dengan Piktor yang beneran piktor dan Marley si rastaman parahyangan. Bertiga mereka ‘bahu membahu’ mengarungi dunia pergigoloan Jakarta sampai mereka menemukan ‘jati diri’ mereka masing-masing. Pekerjaan yang katanya paling mudah pun ternyata tidaklah mudah, apalagi sisi manusiawi tidak bisa begitu saja mereka pungkiri.

Note:
Ah ini film dapet banyak dukungan dari temen gue. Sering banget dia dorong2 gue supaya nonton. Dia malah nonton sebelom premiernya dan di blogs-nya pake bikin review ‘sampai terkencing2’ segala. Kayaknya sih dia itu ikut di produksi film ini deh. Minimal dia itu ikut di promotion dept film ini.
Tapi ngga pa2 koq. Kalo emang temen gue itu emang bagian promosi film ini, ya bagus dong effort-nya. Nah kalo dia itu beneran suka dengan film ini, malah lebih bagus dong.
Setelah agak senggang dari kesibukan gue di kantor (tepatnya: kesibukan yang kagak puguh :( ) akhirnya sempet juga gue nonton film ini. Awalnya sih kepikiran mau nonton di 21 di mall yang deket rumah ajah. Tapi karena ada semangat mo daftar workshop di Screamfestindo (khususnya istri gue sih) jadinya sekalian aja melangkah ke Blitz Grand Indonesia. Gue sempet terpikir mau nyoba di Blitz Pacific Place, tapi masih ragu dengan lokasi jajannya. Kalo di Blitz GI kan udah jelas musti ke mana kalo gue kelaparan.
Sekalipun udah ngga kebagian daftar ngikut workshop, tapi nontonnya tetep jadi dong. Lagipula rada tumben juga nih film bisa promo kenceng di Blitz. Eh iya ya, kan ini produksi Kalyana Shira Films. Berani aja dah tetep main di Blitz. Yang gue inget sih kalo produksinya Kalyana dan Miles sih nyantai tayang di luar grup 21.
Datengnya mepet waktu dan masih kebagian seat enak. Mungkin karena tayangnya udah cukup lama jadi udah agak sepi. Di audi 2 row L dan seat tengah2! Asyik juga masih diputer di audi 2. Tapi gue sempet telat masuk, filmnya udah mulai mungkin stengah menit (gue ngarang sih). Masih baru mulai koq.
Kesan gue yang paling dalem dari film ini adalah sekali lagi Kalyana bikin film yang beda dari film Indonesia pada umumnya. Beberapa kali gue tau Kalyana bikin film yang ‘ngga umum’ di Indonesia, seperti Arisan!, Janji Joni dan Berbagi Suami. Production yang juga ‘suka’ bikin film yang ‘ngga umum’ adalah Miles. Dua production ini suka bikin film yang temanya belom pernah kita temui di Indonesia. Urusan coba2 ato suka2 tapi keberaniannya mereka ini yang selalu gue appreciate.
Kalo dari sisi film Quikie Express, gue kagum dengan Dimas Djay (a.k.a Jay 02) yang setelah sekian lama ngga bikin film (seinget gue terakhir dia bikin Tusuk Jelangkung ….. ato ada yang lebih baru ya?) dia bisa mengagetkan audience film Indonesia dengan besutan yang seru, lucu dan cukup artistik. Temen gue sempet memuji salah satu shot di mana setnya ada di depan wastafel berdinding dengan ornament mozaik. Ketemu di mana tuh set kayak gitu?!
Dimas Djay didukung banget oleh casts yang apik, bahkan Sandra Dewi yang di sini di-introducing bisa jadi enak diliat aktingnya ketimbang di televisi. Cast-nya sih emang udah ngga perlu diajarin lagi sih. Malah cenderung mereka membawa apa yang sudah melekat dengan diri mereka di film2 sebelumnya, tapi di film ini kegilaan mereka jadi lebih ‘tergali’.
Gue suka dengan apa yang dibikin Joko Anwar di dalam script-nya. Gue selalu suka dengan script yang bikin Joko Anwar. Tapi cerita drama yang ‘terselip’ di dalam film ini dengan segala twisted surprise-nya sempet bikin tensi film ini drop dari komedi jadi melodrama. Dan drop-nya ini sempet bikin mood gue susah balik ke komedi.
Sayangnya lagi cerita film ini dari tengah ke belakang lebih terpusat ke salah satu karakter utama aja, padahal dari awal yang diperkenalkan ada tiga ‘pendekar’ yang akan ‘mengarungi’ dunia pergigoloan di Jakarta.
Tapi hal2 tadi ngga trus bikin gue bad mood setelah abis nonton film ini. Kelemahan pasti ada lah. Dan gue tetep suka dengan film yang punya tema unik dan ‘ngga umum’ ini. Malah film ini punya bahasa gambar yang cukup kuat. Ada beberapa simbolisasi yang ngga terlalu ‘sok’ sih tapi cukup kena. Misalnya waktu tiga ‘pendekar’ berangkat ‘bertugas’ lewat di depan Tugu Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng. Tugu ini juga ditampilkan di posternya.
Yang lebih mengganggu gue sebenernya adalah adanya anak di bawah umur yang ikut nonton dibawa orang tuanya. Kebeneran duduk 2 row di depan gue. Ampun deh! Udah jelas padahal ditulis ‘komedi dewasa’. Petugas di bioskop udah musti lebih galak nih. Jangan sampe film ini dicap ‘tidak mendidik’ masyarakat, padahal karena ortu yang ga tau aturan dalam mendidik anak2nya dan pengelola bioskop yang kurang berani mendidik penontonnya.

No comments: