tag:

15 September 2010

Jadikanlah Saya Lebih Kuat

Boleh ngga sih saya menangis cengeng? Cuma bisa meratapi apa-apa yang terjadi yang tidak mengenakan hati saya?

Mata saya seringkali melihat sekeliling saya tidak berubah. Tidak berubah dari kebodohan kelakuan yang mestinya sudah mereka tinggalkan sejak lama. Di mata saya mereka tidak pernah mau belajar dari kesalahan yang lalu. Di mata saya mereka tidak pernah menerima dan melakukan apa-apa dari masukan saya. Bahkan seringkali saya melihat mereka melakukan apa-apa yang mereka larang bagi orang lain, khususnya saya. Dan juga mereka seringkali tidak melakukan apa yang mereka ajarkan sendiri kepada saya.

Sebelum terlanjur cengeng, sebenarnya saya sudah lelah melihat semuanya itu. Dan semakin lelah karena dalam lingkungan terdekat saya masih juga berlaku seperti itu. Saya bilang lelah karena memang semua itu melelahkan saya. Mungkinkah kalau saya cengeng, semua itu tidak menjadi sebegini melelahkannya??

Saya berhenti sebentar dalam kelelahan. Saya terpikir kembali pada apa yang pernah saya lakukan sebelumnya. Saya temukan kesalahan saya sebelum ini. Namun dalam kelelahan nyaris tidak mungkin dapat menemukan kesalahan sendiri, apalagi menemukan cara memperbaikinya.

Terpikir juga untuk memperbaiki hal-hal kecil seperti kebiasaan-kebiasaan ringan namun masih sering terjebak dalam kelalaian. Saya menyadari bahwa kelalaian saya atas kebiasaan-kebiasaan ringan itu memang menjauhkan saya dari kedisiplinan dalam hidup. Tapi dalam ego saya berkata juga bahwa kelalaian menjalani kebiasaan-kebiasaan ringan tidaklah akan menjadi dosa-dosa yang besar yang bakal mengguncang peradaban di lingkungan saya. Sementara saya kelelahan melihat kebodohan kelakuan yang di mata saya jauh lebih besar dari kelalaian atas kebiasaan-kebiasaan ringan saya.

Apakah dimungkinkan apabila kebodohan kelakuan mereka itu ditebus dengan perbaikan saya untuk kebiasaan-kebiasaan ringan??

No comments: