tag:

23 October 2011

WARRIOR: Proses Pengampunan yang Berdarah-darah

Title:
Warrior (2011)

Directed by
Gavin O'Connor

Writing credits:
Screenplay: Gavin O'Connor, Anthony Tambakis, & Cliff Dorfman
Story: Gavin O'Connor & Cliff Dorfman

Cast:
Joel Edgerton, Tom Hardy, Nick Nolte, Jennifer Morrison, Frank Grillo, Kevin Dunn

Plot:
Two brothers face the fight of a lifetime - and the wreckage of their broken family - within the brutal, high-stakes world of Mixed Martial Arts (MMA) fighting in Lionsgate's action/drama, WARRIOR. An ex-Marine haunted by a tragic past, Tommy Riordan returns to his hometown of Pittsburgh and enlists his father, a recovered alcoholic and his former coach, to train him for an MMA tournament awarding the biggest purse in the history of the sport. As Tommy blazes a violent path towards the title prize, his brother, Brendan, a former MMA fighter unable to make ends meet as a public school teacher, returns to the amateur ring to provide for his family. Even though years have passed, recriminations and past betrayals keep Brendan bitterly estranged from both Tommy and his father. But when Brendan's unlikely rise as an underdog sets him on a collision course with Tommy, the two brothers must finally confront the forces that tore them apart, all the while waging the most intense, winner-takes-all battle of their lives.

Note:
Pertalian darah ternyata tidak cukup kental untuk menyatukan keluarga dalam kedamaian. Hilangnya kasih sayang, dendam yang muncul menjadi kebencian jadi membentengi hati hingga sekeras karang. Orang bijak berkata, “Sentuhlah hati dengan hati.” Namun hati yang terbentengi sekeras karang secara logis tidaklah mudah tersentuh dengan kelembutan hati lainnya. Film ini menyampaikan perjuangan menembus benteng karang hati itu.
Meski sakit dan mengorek luka lama, hati harus terbuka untuk sebuah maaf. Memaafkan satu kesalahan kepada satu orang menjadi begitu banyak dan begitu amat sangat besar karena kesalahannya yang tak terlupakan. Memori pikiran menjadi sangat-sangat ‘terjajah’ oleh hati yang terluka. Meski berdarah, hati yang sulit memaafkan tetap lebih keras daripada batu karang.
Proses mohon ampunan bisa menjadi sangat panjang, bisa juga menjadi sangat keras dan berdarah-darah seperti divisualisasikan dalam film ini. Menurut saya, ‘proses pengampunan’ yang tergambar dalam film ini merupakan cerminan dari semua perilaku/budaya/bahasa pelakunya hidup dan dibesarkan. Kita mungkin pernah jadi saksi proses elegan sebuah pengampunan seseorang. Kita mungkin juga pernah jadi saksi proses pengampunan yang penuh basa basi. Dalam film ini, kita menjadi saksi sebuah proses pengampunan yang sangat keras, bahkan hingga mematahkan tulang dan membuat mata lebam, yang mungkin adalah akumulasi semua rasa sakit atas kesalahan yang juga sekaligus menjadi penebusan atas kesalahan itu. Proses yang sangat keras itu juga cerminan dari bagaimana pihak-pihak terkait dibesarkan dan hasil benturan-benturan kehidupan yang dihadapinya kemudian.
Meski tetap terasa sebagai cerita fiksi, film ini cukup berhasil menguras emosi atas ‘perseteruan’ segitiga ayah-sulung-bungsu yang sangat-sangat menggiris hati orang normal. Belum lagi suguhan pertarungan bela diri campurannya yang sangat-sangat brutal dan realis, yang mampu menyedot emosi penonton filmnya – seperti nonton pertarungan betulan. Akting Nick Nolte, sebagai si ayah yang bertobat dan mohon diampuni oleh anak-anaknya, perlu mendapat apresiasi khusus setelah sekian lama selalu berperan dalam karakter-karakter keras dan cenderung sadis. Penonton boleh jadi ikutan benci sekaligus kasihan terhadap karakter Nick Nolte yang renta di sini.
Mungkin di dunia nyata, memaafkan seseorang tidaklah sesegera seperti yang digambarkan dalam film ini, namun dari film ini bisa menginspirasi kita untuk lebih bisa membuka hati untuk memaafkan orang lain tanpa harus berdarah-darah dan tulang patah.

No comments: