tag:

08 March 2009

CHINESE DEMOCRACY: Hope They’ll be Back for Good



Title:
Chinese Democracy

Artist:
Guns N’ Roses

Produced by:
Axl Rose, Caram Costanzo


Pertama kali denger kabar kalo Guns N’ Roses bakal ngeluarin album baru bikin gue gembira. Yang ada di pikiran gue kalo Guns N’ Roses keluar dari masa kevakuman mereka. Tapi ternyata personil mereka ngga seperti waktu ngerilis Use You Illusions. Bahkan tinggal Axl Rose satu-satunya personil asli.

Dari kabar pertama sampai akhirnya gue pegang album Chinese Democracy ini berjarak lama sekali. Sempat diselang penampilan kejutan mereka di acara MTV Music Award yang ajaib!!

Pas liat album ini di-release gue malah jadi ragu-ragu. Mungkin karena ngga gitu suka dengan penampilannya di MTV Music Award. Sekalipun ragu, gue tetep penasaran pastinya. Setau gue, Axl Rose pastinya punya ‘sesuatu’ yang mau dia angkat. Kalo ngga, ngapain juga dia masih ngotot mempertahankan nama Guns N’ Roses.

Dan memang ngga ada yang lebih berharga di kehidupan ini selain sahabat. Dan kalo bukan karena sahabat mungkin gue sampe sekarang belom nyimak album Chinese Democracy :D Gile deh, dia baik banget minjemin album GNR terbarunya yang ternyata import!!

Gempuran lagu pertama langsung aja nyantel di kuping gue. Ngga salah kalo lagu Chinese Democracy dijadiin pembuka album yang bertitel sama ini. Dengan aransemen musik yang agak berbeda dengan GNR yang dulu, tapi rasa otentik GNR lawas masih ada di lagu itu. Dengan aransemen yang lebih heavy, buat gue lagu pertamanya ini sukses mengantarkan gue untuk lebih masuk menyimak keseluruhan albumnya.

Satu per satu lagu-lagu di album ini menyerang saraf pendengaran gue. Ternyata ngga seburuk yang gue kira sebelumnya. Nyesel juga sempet meragukan album ini. Emang ngga boleh ya bikin judgement sebelom tau isi sedalam-dalamnya.

Sambil ngedengerin sambil ngebuka-buka sleeve albumnya. Dan personil GNR sekarang yang gue kenal cuma Axl Rose aja!! Kayaknya karena gue nyaris ngga ngikutin perkembangan musik hard rock di belahan dunia Barat sana jadinya nyaris ngga kenal satu pun personil baru GNR. Paling cuma Dizzy Reed, keyboardis yang udah gabung sejak album Use Your Illusion ato seorang Robin Finck, gitaris yang pernah mendampingi Trent Reznor di Nine Inch Nail. Selebihnya, buta dah gue.

Ciri rock n roll yang pernah diusung dengan kental pada album Appetite for Destruction beralih ke gerungan hard rock yang pastinya lebih keras. Dari peralihan style ini jadi teringat album Use Your Illusion yang memang kental aroma hard rock-nya. Dan dengan lyric yang puitis khas Axl Rose memantapkan album Chinese Democracy memiliki benang merah yang cukup tegas dengan album terakhir Guns N’ Roses 15 tahun yang lalu.

Dari segi lyric gue akui canggih banget. Nah ini dia apakah Axl Rose yang semakin canggih ato gue yang bodoh ya; gue masih ngga ngerti apa arti dan makna lyric tiap lagu di album ini! :D

Secara keseluruhan album ini cukup bisa bikin gue kagum. Tapi muncul pertanyaan yang mungkin cukup mendasar; apakah album ini masih pas dibilang sebagai album Guns N’ Roses? Ataukan mungkin lebih pas kalo dibilang sebagai solo album ato bahkan ego album dari seorang Axl Rose?



No comments: