tag:

06 March 2009

VALKYRIE: Stauffenberg (or Tom Cruise??): The Lost Hero of World War II



Title:
Valkyrie

Director:
Bryan Singer

Writers:
Christopher McQuarrie & Nathan Alexander

Casts:
Tom Cruise, Kenneth Branagh, Bill Nighy, Tom Wilkinson, Carice van Houten, Thomas Kretschmann, Terence Stamp


Note:
Seperti yang pernah gue tulis untuk film Stauffenberg (film TV produksi Jerman yang ceritanya sama persis dengan Valkyrie), gue tetep akan nonton besutan Bryan Singer ini demi nama besar yang disandang oleh sutradara yang pernah ‘mengembalikan’ Superman ke layar lebar ini.

Sekalipun tetep mau nonton besutan terbaru Mr. Singer ini, karena gue pernah nonton versi TV Jermannya, mau ngga mau ngebandingin juga kedua-duanya. Jadi inget tulisan gue yang judulnya “Warning! No Spoiler Allowed!” Pengalaman gue nonton Valkyrie jadi kurang asyik juga. Sebenernya sih secara keseluruhan, semua orang yang aware sejarah sih juga tau ending dari cerita ini. Tapi gue cukup tau seluk beluk detil cerita ini karena pernah nonton Stauffenberg.

Tapi buat yang belom liat Stauffenberg ya ngga usah kuatirlah karena anda bakal menyaksikan drama perang dunia kedua dalam balutan salah satu kisah konspirasi pembunuhan terbesar yang pernah ada dalam sejarah!!

Bener deh, dalam besutan Mr. Singer ini kisah sepak terjang tokoh Stauffenberg digambarkan secara dramatis sekali. Paling top waktu pertama kali Stauffenberg ketemu langsung dengan Hitler. Adegan yang dingin, senyap tapi ngga kosong. Sosok Hitler yang hanya sebagai obyek bisa ditampilkan dengan kuat.

Adegan kekacauan komando juga bisa muncul dengan dramatis. Ngga chaos tapi bisa dirasakan betapa sesaknya udara waktu itu sepanjang ketidak jelasan situasi di Berlin sebagai pusat kekuatan Jerman waktu itu.

Tapi entah disengaja ato enggak, ada perbedaan yang cukup mendasar kalo boleh film ini dibandingkan dengan film TV produksi Jermannya. Sekalipun judul film TV tersebut menggunakan nama tokoh utama di cerita itu, tapi kisah konspirasinya terasa banget terorganisir solid sebagai tim. Sedangkan dalam film Valkyrie diperlihatkan seolah-olah Stauffenberg adalah otak dari keseluruhan konspirasi itu. Hal itu terjadi apakah mungkin karena tokoh Stauffenberg di Valkyrie diperankan oleh Tom Cruise??

No comments: