tag:

02 April 2008

HAIRSPRAY (2007)

ditulis pada tanggal 1 Desember 2007

Judul:
Hairspray (2007)

Sutradara:
Adam Shankman

Cast:
John Travolta, Michelle Pfeiffer, Christopher Walken, James Marsden, Zac Efron, Queen Latifah, Amanda Bynes, Nikki Blonsky

Plot:
It's 1962 and teenagers Tracy Turnblad (Blonsky) and her friend Penny Pingleton (Bynes) are watching the Corny Collins (Marsden) show. When the chance to dance on the show arrives, Tracy quickly takes the opportunity. Not only does he dancing skills attract Corny Collins, but also the attention of teenage heart throb, Link Larkin (Efron). But not everyone is happy with the decision to have her dance on the show. The shows manager, Velma von Tussle (Pfeiffer) will do anything to get Tracy off the show, even if it has to include Tracy's parents (Travolta & Walken) of new friends Seaweed (Kelley) and Motormouth Maybelle (Latifah).

Note:
Sebenernya film ini termasuk yang gue tunggu2 pemutarannya di Indonesia sini. Kalo ngga salah sih waktu lagi gencar2nya film ini rilis di US sana, gue lagi sibuk banget ngga merhatiin bagaimana ‘nasib’ film ini. Yang gue tau sih sempet juga jadi box office di US sana. Kalaupun waktu itu film ini sempet rilis di Indonesia, kayaknya gue ngga sempet juga nontonnya.
Eh tau2 minggu kemaren ini istri gue pulang bawa DVDnya. Setelah gue juga sempet keliling2 mall, iya home video-nya emang udah rilis resmi di Indonesia.
Gue tunggu2 film ini karena jelas film ini merupakan remake dari film yang berjudul sama yang rilis tahun 1988. Yang gue inget gue pernah secara ngga sengaja nonton film versi 1988 di TV dan ‘stuck’ sampai filmnya abis!
Untuk versi 2007 adalah versi adaptasi dari versi 1988 dan versi Broadway-nya. Iya gue inget juga, setelah booming taun 1988 di US sono (bukan booming di Indonesia pastinya L) Hairspray diadaptasi jadi stageplay di Broadway. Versi 2007 ini jadi lebih musical dan lebih ‘meriah’ dibanding versi 1988 (seinget gue sih). Musiknya jadi keren, setiap karakter utama jadi penyanyi dengan kualitas bagus2 (buat cewek2 silakan menyimak James Marsden nyanyi di sini dengan gayanya yang cool abis!) Nikki Blonsky sebagai debutan di film ini cukup mencuri perhatian gue karena tampangnya cute abis dengan gaya ‘igel2an’nya yang ngegemesin banget! Kalo deket sih, di sepanjang film bakal gue cubitin terus pipinya!
Sebenernya Hairspray terkenal bukan karena musikalitasnya, tapi karena pesan anti diskriminasi yang disampaikan John Waters dengan mengambil setting tahun 1962 di kampung halamannya di Baltimore. Waktu itu masih kental banget pemisahan kulit hitam dari kulit putih di Baltimore khususnya dan US secara umum. Nah tokoh polos yang bernama Tracy Turnblad (Nikki Blonsky) inilah yang ikut berperan menyatukan kulit hitam dan kulit putih di Baltimore, khususnya di acara Corny Collins Show. Untuk Tracy, dia ngga peduli dansa itu punya siapa. Pokoknya dia suka dansa yang keren2 gayanya. Bahkan setelah masuk detention karena sasakan rambutnya yang ketinggian, dia jadi tau kalo dansa gaya kulit hitam jauh lebih cool dan lebih spontan. Sampai akhirnya Tracy akan bersenang hati kalo harus masuk detention. Ruang detention jadi ruang dansa sampai bel pulang berdering.
Pesan anti diskriminasi ini masih tersampaikan dengan baik di versi 2007 ini. Lyric lagu2nya bagus2 dengan pesan2 yang jelas. Pesan anti diskriminasi masih tetep relevan. Di Hairspray dikemukakan anti diskriminasi warna kulit yang cuma sebagian dari diskriminasi yang ada di dunia ini. Dan diam2 tapi jelas di US sana masih ada diskriminasi khusunya untuk warna kulit dan ras.
Mungkin buat yang udah pernah nonton versi 2007 ini bakal bertanya2 kenapa John Travolta yang dicast jadi Edna Turnblad, nyokapnya Tracy. Kesimpulan sederhananya sih karena film ini juga adaptasi dari stageplay Broadway, jadi karakter Edna Turnblad wajib banget bisa nyanyi dan dansa. Ngga salah kalo John Travolta yang dicast jadi Edna.
Tapi setelah gue browsing imdb.com tentang Hairspray (both version), gue berkesimpulan bahwa John Travolta dicast sebagai Edna Turnblad salah satunya sebagai tribute bagi Divine, original cast Erna Turnblad di versi 1988. Divine adalah seorang transvestite yang merupakan sahabat John Waters dan special diberikan cast Edna. Dan karena film ini, almarhum Divine adalah satu2nya orang yang pernah memerankan karakter dengan 2 gender berbeda sekaligus!
Buat yang suka film musikal, gue jamin bakal suka dengan film ini. Buat yang suka film2 dengan pesan2 sosial juga bakal suka dan menambah wawasan dengan musik2 gaya tahun 60-an awal.
Selidik punya selidik, film ini ngga pernah diputer di Indonesia. Kayaknya sih senasib dengan film2 musikal lainnya, dengan pertimbangan bisnis ngga diputer di Indonesia. Sekalipun diputer cuma sebentar banget masa putarnya di bioskop.

No comments: