tag:

02 April 2008

300

ditulis pada tanggal 1 April 2007
Image and video hosting by<br />TinyPicTitle:
300

Director:
Zack Snyder

Cast: Gerard Butler

Plot:
Based on Frank Miller's graphic novel, "300" concerns the 480 B.C. Battle of Thermopylae, where the King of Sparta led his army against the advancing Persians; the battle is said to have inspired all of Greece to band together against the Persians, and helped usher in the world's first democracy.

Note:
Sejak awal gue liat trailer film ini, gue niat banget mau nonton film ini. Dan gue niat banget nonton film ini di bioskop. Waktu itu terbayang sudah kemegahan film ini dengan special effect-nya kalo ditonton di bioskop.
Sambil nunggu film-nya main di 21, gue kasak kusuk nyari graphic novel-nya. Dapet juga akhirnya. Pendek banget graphic novel-nya. Standar Frank Miller, story dan gambar beliau bikin sendiri, kecuali colouring-nya. Belom gue baca lengkap sih, tapi seperti graphic novel Frank Miller lainnya, 300 dibikin stylish dan nonjok mata banget.
Selain kasak kusuk cari graphic novel-nya, sedikit2 gue juga nyari sejarah yang jadi latar cerita 300 ini. Dan ternyata sejarah battle of Thermopylae lebih banyak jadi background cerita saja dalam 300. Akurasi sejarahnya tidak tinggi.
Awalnya Frank Miller menulis 300 karena kekagumannya pada film The 300 Spartans yang dia tonton semasa kecil. Dan dalam 300, Mr. Miller tuangkan kekagumannya kepada Leonidas. Nyata banget kalo Leonidas adalah ‘definisi baru’ dari keberanian dan heroisme buat Frank Miller.
Dalam filmnya, 300 menurut gue sukses divisualisasikan secara bagus. Tetep dapet stylish-nya tanpa harus kelihatan mindahin frame2 graphic novel mentah2 ke dalam movie scenes. Memang ngga terlihat semegah perang di LOTR, tapi heroisme Leonidas tergambar dengan bagus sekali.
Sekalipun banyak darah dan explicit fighting scenes, tapi buat gue digambarkan secara tidak horrible karena stylistic.

No comments: