tag:

02 April 2008

NAGABONAR JADI 2

ditulis pada tanggal 7 April 2007

Judul:
Nagabonar Jadi 2

Sutradara:
Deddy Mizwar

Pemain:
Deddy Mizwar, Tora Sudiro, Wulan Guritno, Uly Herdinansyah, Darius Sinatrya

Cerita:
Jenderal Nagabonar, berpuluh tahun setelah perang kemerdekaan Indonesia, diajak datang ke Jakarta oleh Bonaga, anak semata wayangnya, untuk melihat perkembangan kesuksesan bisnisnya. Si anak, sarjana S2 lulusan luar negeri, betul2 sukses dan terus meningkatkan level kesuksesannya di bidang bisnis.
Selain untuk melihat perkembangan bisnis anaknya, Nagabonar juga hendak dirayu untuk menjual perkebunan kelapa sawitnya di Medan yang hendak dijadikan resort hasil join perusahaan milik Bonaga dengan investor dari Jepang. Di atas bukit perkebunan tersebut, terletak pemakaman Ibu, Istri dan Sahabat si Jenderal Nagabonar, dengan disediakannya septak tanah di samping makam Sang Istri untuk Sang Jenderal nanti.
Rencana resort di lahan perkebunan disampaikan ke Sang Jenderal, dan menjadikan kegalauan melanda Nagabonar dan Bonaga ……

Catatan dan ulasan:
Sebuah film tribute yang sukses kepada Asrul Sani!!
Menurut gue Deddy Mizwar berhasil menghidupkan kembali Nagabonar dan bahkan betul2 menjadikannya ada 2!!
Skenario yang bagus, sarat dengan lapisan komedi satir sosial Indonesia yang aktual. Bahkan terselip juga ‘gugatan’ kepada keadaan Indonesia moderen dalam monolog Nagabonar di depan patung Jenderal Soedirman.
Tora Sudiro sukses beradu akting dengan dengan Deddy Mizwar. Kita bisa percaya bahwa Bonaga adalah Nagabonar yang hidup di jaman setelah perang kemerdekaan dengan latar belakang pendidikan yang tinggi namun tetap berusaha berada di jalan yang benar.
Deddy Mizwar kembali pada performa puncaknya. Beliau berhasil menampilkan Nagabonar yang sedang berusaha mengerti jaman yang tidak lagi ramah dan hitam putih seperti saat dia muda dulu.
Film ini lucu layaknya komedi untuk semua umur, juga mengharukan dengan drama realisnya, sekaligus menggetarkan hati dengan kompleksitas lapisan satirisnya.

No comments: