tag:

02 April 2008

MUNICH

ditulis pada tanggal 11 Pebruari 2007

Title:
Munich

Director:
Stephen Spielberg

Cast:
Eric Bana, Ciaran Hinds, Daniel Craig, Geoffrey Rush

Plot:
During the 1972 Olympic Games in Munich, eleven Israeli athletes are taken hostage and murdered by a Palestinian terrorist group known as Black September. In retaliation, the Israeli government recruits a group of Mossad agents to track down and execute those responsible for the attack.

Note:
Nonton film ini ‘ngelanjutin’ film dokumenter One Day in September kemaren. Cukup ngerti peristiwa Munich yang mengguncang kemanusiaan.
Setelah tau film ini diangkat dari buku berjudul Vengeance, gue jadi maklum dengan keseluruhan filmnya yang menurut gue ngga meninggalkan kesan yang cukup berarti kecuali pesan bahwa balas dendam (vengeance) bukan merupakan solusi. Sekalipun yang dikerjakan Avner adalah demi negara Israel, tapi semuanya dilakukannya atas dasar balas budi kepada Israel yang dia anggap sebagai ‘ayah’nya.
Cukup serulah menyaksikan proses assassination yang dilakukan grup Avner kepada beberapa target yang diyakini bila dibiarkan hidup akan menghabisi Israel, khususnya setelah kejadian Munich.
Poin lain yang bisa diliat bahwa film ini berusaha sebisa mungkin tidak berpihak kepada sisi manapun kecuali kepada kemanusiaan dan kebenaran.
Dan dalam hal yang lebih universal, film ini menunjukkan bahwa segala hal yang terjadi di kehidupan ini tak akan lepas dari hukum alam, hukum sebab – akibat.

No comments: