tag:

02 April 2008

THE DEPARTED

ditulis pada tanggal 22 Oktober 2006

Title:
The Departed

Director:
Martin Scorsese

Alkisah adalah seorang anak sebatang kara yang banyak dibantu kehidupannya oleh Frank Costello dan nantinya menjadi polisi di Massachusetts State Police Dept. Bantuan yang tidak gratis menjadikan anak itu, Colin Sullivan, sebagai mata-mata di dalam tubuh kepolisian demi kelanggengan ‘bisnis’ mafia yang dipimpin Frank Costello.
Sementara itu Massachusetts State Police Dept. menemukan salah seorang kadet akademi kepolisian yang memiliki silsilah keluarga yang dekat dengan Frank Costello. Billy Costigan bukan dididik dari keluarga yang bekerja dalam ‘bimbingan’ Frank Costello. Tapi salah seorang pamannya pernah bekerja pada Frank Costello sampai tewas beberapa waktu sebelumnya. Banyak bukti lainnya yang merujuk kedekatan Costigan dengan Costello, salah satunya Billy ingat bahwa Frank pernah mengiriminya bunga belasungkawa saat ibunya meninggal dunia.
Billy Costigan ditugaskan khusus oleh Capt. Queenan dan Lt. Dingham untuk menyusup ke dalam organisasi Frank Costello dengan kerahasiaan yang hanya diketahui oleh mereka bertiga saja.
Keadaan semakin memanas ketika kedua belah pihak menyadari ada mata-mata di organisasinya masing-masing tapi sulit menemukannya.
Semua kejutan disiapkan sebagai ending yang menawan.

Semua juga tau kalo film ini remake dari Infernal Affairs produksi Hongkong yang dibintangi Andy Lau dan Tony Leung, sekalipun Mr. Scorsese mengaku film Infernal Affairs hanya menginspirasikan film The Departed.
Seberapa jauh Mr. Scorsese terinspirasi, menurut gue sih tetep aja termasuk remake koq.
Namun demikian, dalam The Departed kita ngga akan merasakan bahwa film ini adalah remake film thriller-action dari Hongkong. The Departed tetap terasa film amerika ‘asli’. Sepanjang film gue selalu merasakan film ini sebagai film yang khas milik Scorsese.
Scorsese sukses mengadaptasi ke dalam budaya amerika, ke dalam kehidupan sehari-hari amerika.
Di satu sisi gue gembira karena udah lama ngga nonton film mafia yang berkelas seperti The Departed. Tapi di sisi lain sedih juga karena idenya masih kalah orisinil dengan Asia.
Cara survival film amerika (baca: Hollywood) yang meniru cara survival Jepang (baca: Asia) di bidang teknologi.

No comments: